Dec 18 2006

About

Published by

Selamat datang di Blog saya! Herzlich willkommen!

A few words to say. Barangkali sekedar itulah yang ingin saya sampaikan untuk mengawali blog ini. Sebagai sebuah fasilitas baru bagi civitas UII, blog ini memberi celah pada munculnya komunitas UII di kancah dunia maya. Semoga inisiatif ini memberi berkah untuk semua.

Ini adalah sekelumit informasi tentang saya. Saya hanyalah satu dari sebuah komunitas yang bernaung di bawah bendera Universitas Islam Indonesia. Mengajar di Jurusan Arsitektur, terutama untuk masalah teori arsitektur dan perkotaan. Karena agak hobi dalam bidang teknologi informasi, saat ini juga diamanahi untuk menjadi penjaga gawang di Badan Sistem Informasi.

Di tahun 1987 saya mengawali kuliah di Jurusan Arsitektur Universitas Gadjah Mada dan lulus tahun 1993. Tahun itu pula saya bergabung di Jurusan Arsitektur Universitas Islam Indonesia sebagai salah satu staf akademik. Tahun 1997 hingga 1998 saya menempuh  Master of Arts in Architecture (MA by research) di Institute of Advanced Architectural Studies, University of York, United Kingdom. Ketika sekolah, saya didanai oleh Engineering and Education Development Project - Asian Development Bank. Tahun 2000 hingga 2006 saya menempuh studi doktoral di Faculty of Architecture, Landscape and Urban Planning, University of Kassel, Jerman dan memperoleh Doktor Ingeniurwissenschaft (Dr. Ing) yang didanai oleh UII dan DAAD (Deutsche Akademischer Austauschdienst). 

Fokus perhatian saya adalah masalah teori arsitektur, terutama dikaitkan permasalahan perkotaan (urbanisme). Tentu saja dari sudut pandang ini, disain arsitektur dalam konteks perkotaan juga menjadi perhatian utama. Beberapa publikasi maupun penelitian saya bisa Anda lihat di links yang ada di halaman ini.

Alamat Kontak:

Jurusan Arsitektur
Universitas Islam Indonesia
Kampus Terpadu
Jalan Kaliurang
T. +62 274 895 042 ext 3247
F. +62 274 895 330

Saat ini saya tinggal di Jogjakarta bersama 3 orang anak lelaki dan seorang istri yang bekerja sebagai staf akademik di Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Universitas Gadjah Mada.

Ini adalah istri dan anak-anak yang sangat saya banggakan 😀

Keluarga

7 responses so far

7 Responses to “About”

  1. Nurul Imawation 25 Sep 2008 at 12:33 pm

    assalam..
    Saya Ima, saya mengenal nama Anda dari saudara saya dr. Supanji, SpM (mungkin istri Anda yang mengenalnya). Saya mendapat rekomendasi untuk bertanya kepada anda dari dr. Supanji, SpM.
    Saya ingin bertanya, kalau tidak salah istri anda juga ikut program PhD di Jerman dg beasiswa dr DAAD ya?
    Apakah harus S2 dulu untuk bisa mengikuti PhD program? Bagaimana caranya melamar di salah satu universitas di Jerman?
    Trimakasih sebelumnya.
    Wassalam..

  2. maharikaon 25 Sep 2008 at 10:15 pm

    Istri saya memang mendapatkan beasiswa dari DAAD. Dahulu tidak ikut program S2 karena di Jerman sepanjang sudah mempunyai pengalaman, untuk dokter, mereka bisa mempertimbangkan langsung masuk ke program doktoral (Dr. in Human Medizin). Satu rumus yang menurut pengalaman kami jitu adalah adanya kontak person dengan profesor di sana. Sebaiknya Mbak Nurul kontak dengan istri saya saja supaya bisa klop diskusinya. Dia bisa dikontak di danarti(at)ugm(dot)ac(dot)id. Salam

  3. Nurul Imawation 27 Sep 2008 at 10:04 am

    ya, trimakasih banyak

  4. sukmaon 15 Jan 2009 at 8:59 am

    Assalamualaikum...
    saya belum mengenal anda, yang saya tau...anda adalah seorang arsitek yang cukup menguasai bidangnya, itu saya nilai dari tampilan blog anda. kalau boleh bertanya, menurut anda, apakah seorang lulusan arsitektur, wajib bekerja dibidangnya (misal konsultan/kontraktor/dosen dsb)?kenapa arsitektur kesannya hanya mennciptakan sesuatu "wah" saja, yang bagus2 saja, lalu arsitek punya peran tidak di dunia sosial?apakan ada arsitek yang bekerja untuk dunia sosial?atau LSM yang memperjuangkan nasib orang banyak?karena saya pikir, saat ini yang penting bukan soal bagaimana canggihnya desain seseorang, tapi yang penting sekarang, bagaimana menyumbangkan sesuatu untuk banyak orang sesuai dengan bidang mereka masing2.:)

  5. maharikaon 18 Jan 2009 at 10:59 pm

    Terima kasih atas kunjungannya. Semoga tidak bosan 🙂
    Berkaitan dengan lulusan arsitektur, saya pikir pertanyaannya bukan pada boleh atau tidak tetapi bagaimana pendidikan arsitektur menciptakan lulusannya. Pertanyaan "boleh atau tidak" jawabannya jelas boleh, karena hal itu sangat terkait dengan kesempatan kerja dan idealisme lulusan. Pendidikan Arsitektur bukanlah (belum?) seperti dokter yang mensyaratkan "wajib kerja" sehingga banyak lulusan yang mencari peluang di bidang lain entah yang dekat dengan arsitektur (real estat, kontraktor) atau yang berbeda tetapi tetap berada di disain (disain kaos, stiker etc), atau bahkan beda sama sekali.
    Namun bila dikaitkan dengan bagaimana pendidikan arsitektur, di UII misalnya kami memang mempersiapkan mahasiswa untuk terjun di bidang arsitektur. Namun bagaimana mereka berkiprah sangat tergantung preferensi pribadi.

    Inti dari pekerjaan menjadi arsitek bukanlah pada "wah" nya tetapi pada "bagus dan baik" dalam konteks lingkungan. Artinya kita harus bisa menciptakan produk (mulai dari elemen bangunan hingga ruang secara keseluruhan) agar menjadi lebih baik bagi lingkungan. Artinya, sangat mungkin dengan material sederhana akan menjadi "wah" ketika disentuh arsitek karena kita memang diajari "memaksa" sebuah material untuk bisa "keluar pamornya", ibarat empu yang menggosok dan melipat besi hingga menjadi produk yang indah. Karena posisi "memperbaiki lingkungan" sangat dominan tentu saja ia mempunyai fungsi sosial yang sangat kuat (seharusnya?). Namun tak dipungkiri memang tidak semua arsitek terlatih untuk mengasah kepekaan pada "fungsi sosial". Saya pribadi dalam berbagai tulisan dan kuliah saya, berusaha untuk mengedepankan peran ini - salah satunya dengan pusat studi yang sedang saya pupuk yaitu Centre for Socius Design (http://csd.uii.ac.id). Misinya "sangat sosial": memitrakan melalui ruang.

  6. unieon 09 Feb 2009 at 8:28 pm

    assalamualaikum
    halo p ilya...(pasti ga inget saya) saya salah satu alumni UII 02 yang belum pernah dapet kelas pak ilya tapi pernah mendengarkan wejangannya...sip banget...kalo misal artis tu istilahnya ngefans banget,...cara penyampainya enak, pinter, ramah...waktu itu saya inget lagi down karna 2x tugas ditolat trus dikasih pencerahan sm p ilya...dipikiran saya hmmm kapan ya bisa jadi pinter ky ni dosen...
    selamat berkarya.....

  7. dinion 01 Jul 2010 at 9:22 pm

    asalamualaikum...
    pak,saya mahasiswa arsitektur...
    mendapat tugas UAS teori arsitektur tentang teorinya Larry R.Ligo yang khususnya bagian teorinya yang tentang social function (fungsi sosial)...
    saya sudah browse internet berjam2 bahkan berhari2 tp tetep g dapat yang lengkap infonya dan maksud dari fungsi itu menurut Larry R.Ligo...
    dan sekarang dah deadline bgt pak...tolong bantuan penjelasannya ya pak...
    sebelumnya saya ucapakan terimakasih ya pak...

    wassalamualaikum...

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*