May 06 2010

Rencana Aksi

Published by at 11:13 pm under Journal

Kolaborasi dan Sinergi Institusional, Akademik dan Sesumber untuk Pengakuan Keunggulan

*Sudah lama saya tidak mengisi blog ini. Saya coba aktif kembali dengan mengunggah tulisan "Rencana Aksi" yang pernah saya presentasikan ketika pencalonan sebagai Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Saya publish barangkali dapat dipakai sebagai masukan untuk semua pihak. Tulisan ini hanya ringkasannya saja. Secara lengkap saya coba unggah dalam format pdf.
Judul Rencana Aksi ini didasari oleh tiga platform pemikiran. Pertama adalah menilik secara tajam "critical factor" dari dokumen-dokumen rencana UII di tingkat yang lebih tinggi namun diinterpretasi secara lebih fokus pada aspek-aspek spesi?k yang disesuaikan dengan peta potensi dan permasalahan yang ada di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP). Kedua adalah memaknai rencana aksi sebagai sebuah awal dari proses perubahan mind-set yang diperlukan untuk menciptakan energi momentum untuk berkembang bagi institusi ketimbang sekedar daftar program kerja. Dengan demikian, yang dipaparkan dalam tulisan ini adalah butir pokok pikiran yang menjadi benang merah, sebuah celupan, sebuah rekayasa untuk menciptakan "collective vision" menuju kolaborasi yang akan mewarnai program kerja yang disusun kemudian. Ketiga adalah usaha merumuskan dan rekayasa peran warga Fakultas agar menjadi "war machine" yaitu manusia-manusia unggul yang mempunyai dedikasi dan motivasi berprestasi yang tinggi yang berguna untuk pengembangan diri dan institusi dalam dunia yang bergejolak dengan sangat cepat ini.

Semangat yang akan dicanangkan adalah sharing knowledge, sinergi antar guru - collective intelligent - dan sharing infrastructure inilah yang akan menjadi fokus aksi bagi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ini yang akan diupayakan secara penuh untuk mencapai pengakuan keunggulan secara eksternal baik nasional dan internasional.

Adapun program kunci (key programs) yang merupakan turunan dari tema utama tahunan di atas dirinci dalam kerangka tahunan. Tahun pertama meliputi pendirian Unit Bantuan Publikasi, paket-paket insentif publikasi baik untuk dosen maupun mahasiswa (dan sangat mungkin karyawan) serta insentif pelatihan profesional untuk staf non akademik. Konsolidasi kurikulum berbasis kompetensi yang terintegrasi juga menjadi program prioritas. Tahun kedua diantaranya adalah penulisan buku-buku bidang kajian seperti "Merancang Bangunan", "Merencana Transportasi" atau "Merencana Blok Kawasan Kota" dan lain-lain. Kedua adalah pemantapan SOP (dan sertifikasi) laboratorium serta menetapan SPM (standar pelayanan minimum) yang didukung dengan training bagi staf operasional. Tahun ketiga diantaranya adalah pengembangan nterdiscipline block - project based learning sebagai "ganti" kuliah-kuliah tertentu serta pengembangan short course untuk continuing education bagi alumni, masyarakat umum (tukang dll. Guru SMK dll) dan
technopreneurship mahasiswa. Tahun keempat adalah inisiasi bagi pendirian perusahaan konsultan (quatity surveyor, perencana bangunan gedung dll.) atau lembaga bantuan, research institute dan perkuatannya. Pemasaran laboratorium sebagai R&D industri serta pemasaran short course continuing education sebagai "mercusuar pengabdian" perlu dilakukan sebagai prioritas untuk mencapai pengakuan keunggulan (excellence recognition).

Selebihnya ... Rencana Aksi Ilya Maharika

One response so far

One Response to “Rencana Aksi”

  1. Nensi Golda Yulion 16 Jun 2010 at 9:58 pm

    sip pak..saya dukung..tetap istiqomah ya...

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*